Wednesday, December 19, 2007

Track Taman Dayu: Bersakit-sakit Ke Hulu, Bersenang-senang Kemudian


Matahari mulai menampakkan sinarnya, mobil pick-up pembawa sepeda dari berbagai daerah satu persatu memasuki area start. Biker dari Mojokerto, Kepanjen, Malang, Pasuruan, Surabaya dan beberapa daerah lainnya nampak sibuk dengan sepedanya. Sekumpulan lainnya menikmati sarapan yang disediakan panitia kolaborasi antara Kantor Divre dan Telkom Pandaan.

Setelah dipastikan seluruh biker sudah bergabung, Ketua TCC, Yoyok Setyono membuka sambutannya dengan ucapan apresiasi kepada seluruh biker yang nampak tak sabar pagi itu. “Hati-hati dan jangan memaksakan diri”, begitu nasehatnya.

Start. 200 meter dari awal jalanan masih landai dan suasana Taman Dayu memang indah dan sejuk dengan pohon yang rindang. Suasana taman dan jalanan aspal yang mulus membuat biker kian bergairah memacu sepedanya. Tanpa terasa tanjakan mulai meninggi. Dari profil map dapat dilihat tanjakan memang kurang bersahabat. Dalam jarak sekitar 6 kilometer, para biker sudah harus menempuh track dengan beda ketinggian dari 200 meter ke 600 meter…pffuihhh. “Ayooo…ini tanjakan terakhir,” seru seorang biker memberi semangat.

Masuk The Pines. Para biker menikmati istirahat dengan pisang ranum yang disediakan berlimpah. “Mulai sekarang turunkan seat-post masing-masing,” teriak seorang Panitia mengingatkan. Ya, track berikutnya adalah jalur off-road single track dengan tebing yang cukup curam. Gaya free-ride sangat dibutuhkan di track ini.

Lepas jalur off-road sepanjang 3 km, para biker menikmati turunan panjang dan berliku. Di jalur ini sepeda bisa dipacu dengan kecepatan 64 km/jam. Jalur mulus ini memang memancing biker yang sebelumnya mengalami siksaan tanjakan untuk memacu lepas sepedanya. Padahal kehati-hatian dan teknik menguasai sepeda sangat dibutuhkan di jalur ini.

Lepas dari kompleks Taman Dayu, para biker menyusuri wilayah pedesaan yang asri dengan padi dan ladang yang menghijau. Track ini menyuguhkan tanjakan dan turunan yang seimbang meski stamina sudah banyak terkuras. Setelah menyusuri jalanan aspal sepanjang 15 km sampailah kita di Finish di Telkom Pandaan. Di sini nasi pecel, soto ayam, pisang, beras kencur dan makanan lainnya sudah siap santap. Terima kasih Biker TCC, terima kasih Telkom Pandaan. Sampai jumpa di event berikutnya.

No comments: